MOHON UNTUK TIDAK COPY PASTE TANPA MENYEBUT SUMBER DAN PENULISNYA
PENGANTAR
Pertanyaan ini telah dijawab oleh para pakar sejarah Alkitab, terutama para kronologist.
Jawaban mereka bervariasi, sehingga menimbulkan kebingungan: manakah yang akurat?
Di sini saya menguraikan proses untuk mendapatkan penanggalan yang akurat.
PERTAMA
Kita harus menyediakan Kalender Ibrani Proleptik. Kalender Ibrani Proleptik yang beredar baik dengan Aplikasi maupun KALKULASI, dibedakan pada 2 acuan dasar perhitungaan:
1. Tanggal 14 Abib/Nisan jatuh setelah Vernal Equinox (Titik balik matahari saat berada di garis katulistiwa pada bulan Maret)
2. Tanggal 1 Abib/Nisan jatuh setelah Vernal Equinox.
(Proleptik adalah sistem penangggalan yang dibuat untuk ektrapolasi ke masa lalu dari sebuah kalender.
Contoh:
Kalender Gregorian yang kita pakai sekarang dimulai sejak 15 Oktober 1582. Apabila suatu penanggalan dicari sebelum tanggal 4 Oktober 1582 (tidak ada tgl 5 sd 14 Oktober 1582 dlm sejarah dunia), maka harus dibuat KALENDER PROLEPTIKnya).
Acuan 1 dipraktekkan oleh kaum Rabinik saat ini yang dimulai sejak abad kedua Masehi. Hampir semua Kalender Ibrani Proleptik berdasarkan Acuan 1. Para kronologist hampir semuanya memakai acuan 1.
Setelah melalui berbagai pengujian ternyata Kronologi Alkitab memakai Acuan 2. Penguji yang utama adalah dalam Papirus Elephantine. Di mana Kalender Ibrani Proleptik disinggungkan dengan Kalender Mesir Proleptik. Saya telah mengkomputasi ketiga sistem kalender tersebut, perhitungannya sangat² rumit.
Catatan: penanggalan dlm bahasan ini menggunakan Kalender Proleptik Gregorian dan bukan Kalender Julian.
KEDUA
Kita harus mencari referensi yang menjadi acuan dalam menghitung penanggalan untuk menjawab pertanyaan utama. Ada beberapa petunjuk dalam Alkitab yang menyebutkan keterangan waktu. Disebutkan dalam daftar yang telah dikronologikan berdasarkan Kitab Harmonisasi 4 Injil yang saya susun:
Hari Kesatu:
Matius 26:17 (TB) Pada hari pertama dari hari raya Roti Tidak Beragi datanglah murid-murid Yesus kepada-Nya dan berkata: "Di mana Engkau kehendaki kami mempersiapkan perjamuan Paskah bagi-Mu?" (Sinopsis Mark 14:12).
Hari kedua:
A. Matius 26:20 (TB) Setelah hari malam, Yesus duduk makan bersama-sama dengan kedua belas murid itu.
B. Dari Getsemani sd di Salib
C. Markus 15:42 (TB) Sementara itu hari mulai malam, dan hari itu adalah hari persiapan, yaitu hari menjelang Sabat.
Hari Ketiga:
Matius 27:62 (TB) Keesokan harinya, yaitu sesudah hari persiapan, datanglah imam-imam kepala dan orang-orang Farisi bersama-sama menghadap Pilatus
Hari Keempat:
A. Markus 16:1 (TB) Setelah lewat hari Sabat, Maria Magdalena dan Maria ibu Yakobus, serta Salome membeli rempah-rempah untuk pergi ke kubur dan meminyaki Yesus.
B. Matius 28:1 (TB) Setelah hari Sabat lewat, menjelang menyingsingnya fajar pada hari pertama minggu itu, pergilah Maria Magdalena dan Maria yang lain, menengok kubur itu.
Catatan: ingat bahwa Hari Ibrani dimulai sejak matahari terbenam.
KETIGA
Kita harus melihat referensi PL mengenai waktu pelaksanaan hari raya, secara khusus untuk Hari Raya Roti Tidak Beragi.
Imamat 23:6 (TB) Dan pada hari yang kelima belas bulan itu ada hari raya Roti Tidak Beragi bagi TUHAN; tujuh hari lamanya kamu harus makan roti yang tidak beragi.
KEEMPAT
Kita harus menyusun keterangan waktu yang diperoleh dalam Diktum Kedua dan Ketiga agar sesuai dengan format Kalender Ibrani Proleptik. Dan hasilnya adalah:
Hari Kesatu: 15 Nisan
Hari Kedua: 16 Nisan
Hari Ketiga: 17 Nisan
Hari Keempat: 18 Nisan
Selain itu, kita juga memperoleh keterangan bahwa:
Hari Ke2: Hari Persiapan
Hari Ke3: Hari Sabat
Hari Ke4: Hari Pertama
Catatan: Mengenai hari Persiapan, sangat jelas disebutkan dalam Didakhe sebagai hari keenam dan bukan hari persiapan Paskah. Pada hari ini adalah hari kedua Hari Raya Roti Tidak Beragi 16 Nisan, jadi tidak cocok disebut hari persiapan Paskah.
KELIMA
Saya telah meneliti bahwa tidak ada pergeseran hari dalam 3000 tahun.
Konstantinus mengadopsi sistem hari Ibrani namun sistem hari miliknya dimulai agak terlambat 6 jam yaitu pada tengah malam.
Jadi, hari Sabat dimulai pada hari Jumat petang dan berakhir hari Sabtu petang.
Sistem Hari seperti ini dalam Alkitab HANYA disebutkan dalam:
Yohanes 20:19 (TB) Ketika hari sudah malam pada hari pertama minggu itu berkumpullah murid-murid Yesus di suatu tempat dengan pintu-pintu yang terkunci karena mereka takut kepada orang-orang Yahudi. Pada waktu itu datanglah Yesus dan berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata: "Damai sejahtera bagi kamu!"
Catatan: ini dinamakan Sistem Hari Romawi.
KEENAM
Dari Diktum Keempat kita telah memperoleh titik penting yang disebut JANGKAR KRONOLOGI.
Yaitu titik persinggungan dari dua sistem kalender: Kalender Ibrani Proleptik dan Kalender Gregorian Proleptik.
16 Nisan/Abib = Hari Persiapan
17 Nisan = Hari Sabat
18 Nisan = Hari Pertama
Diulang jelaskan:
Hari Persiapan = hari Kamis petang sd hari Jumat petang.
Hari Sabat = hari Jumat petang sd hari Sabtu petang.
Hari Pertama = hari Sabtu petang sd hari Minggu petang.
KETUJUH
Selanjutnya kita mencari titik singgung dari dua sistem kalender dengan berpatokan pada jangkar kronologi di atas, maka diperoleh Kalender Ibrani Proleptik seperti gambar dan angka subscript adalah Kalender Gregorian Proleptik.
Memang ada juga titik singgung yang lainnya, tetapi itu tidak memenuhi hipotesis yang rumit. Di sini saya menyingkat bahasannya.
KESIMPULAN
Tanggal Penyaliban Yesus bertepatan dengan:
Hari Persiapan (Shishi), 16 Nisan/Abib ~ Hari Jumat, 5 April 30 CE/M
Keterangan Gambar:
1. Kalender Ibrani Proleptik (dan Kal. Greg. Prol. angka kecil).
2. Screenshot aplikasi playstore: Converter Calender. Kebetulan bertepatan dengan hasil perhitungan.